[UdaNonton] Pawn_2020 Korean Movie

Peringatan saya sih sederhana, jangan lupa siapin tisu. Nonton sendiri lebih disarankan, barangkali kalau nonton rame-rame malu kalau ketahuan pas lagi nangis. Hehe.

Same vibe dengan Miracle in Cell No. 7, menurut saya seperti itu. Persamaan alur dan penokohannya membuat saya langsung teringat Miracle in Cell No.7 ketika menonton Pawn. Apa persamaannya? Keduanya menggunakan alur mundur, dimana menceritakan kehidupan tokoh utama di masa lalu. Sama-sama menggunakan karakter anak kecil sebagai tokoh utama wanita, yang juga ditunjukkan bagaimana masa depannya setelah ia dewasa. Dan yang pasti, kedua film ini mengandung bawang.

Start Up Reaction Sticker by The Swoon

Informasi singkat tentang Pawn :

Pawn-Korean Movie-P1.jpg
Sumber : https://asianwiki.com/Pawn_(Korean_Movie)

Judul : Pawn

Sutradara : Kang Dae-Kyu

Rilis : 29 September 2020

Distributor : CJ Entertainment

Pemeran :

Sung Dong-Il

Pawn-Sung Dong-Il .jpg

Kamu kalau ngaku suka film dan drama Korea, trus belum pernah nonton aktingnya orang ini, mainmu kurang jauuuhhh. Hahaha. Kalau kamu cek di AsianWiki, daftar film dan drama yang sudah beliau bintangi panjang banget. Jadi, udah ga usah diragukan lagi lah gimana aktingnya. Beliau ini lebih sering bermain di film atau drama yang ada bumbu komedinya.

Dalam Pawn, dia berperan sebagai Doo-Seok. Seorang penagih hutang, karakter yang dibawakan sih ga terlalu jauh dengan karakter yang selalu dia perankan. Pria yang lembut hatinya tapi agak sedikit galak dan suka meledak-ledak gitu.

Ha Ji-Won

Pawn-Ha Ji-Won.jpg

Kalau ngeliat dia pasti langsung kepikir banyak adegan fenomenal di Secret Garden. Aawww. Atau gimana dia menirukan dialeg Korea Utara di King of 2Heart. Dalam film Pawn ini Ha Ji-Won kembali harus mengubah dialegnya dengan dialeg orang Cina yang menetap di Korea. Dia memerankan karakter Seung-Yi dewasa, seorang penerjemah bahasa Mandarin yang karirnya sangat cemerlang.

Kim Hee-Won

Kim Hee-Won

Dia lebih sering bermain film, walaupun juga membintangi beberapa drama. Kalau saya inget banget pas dia jadi bintang tamu di Running Man, jadi salah satu episode favorit saya karena menghibur banget. Dia ini sering memerankan peran antagonis dulunya, jadi pas diundang di Running Man ketahuanlah kalau dia ternyata lemah dan mudah capek. Tahu sendiri kan games-games di Running Man seperti apa.

Di Pawn, dia memerankan tokoh Jong-Bae, rekan kerjanya Doo-Seok. Lebih mirip ke bawahannya sih, karena sering disuruh-suruh dan dimarahi.

Park So-Yi

Park So-Yi

Park So-Yi, artis cilik yang memerankan tokoh Seung-Yi kecil dalam Pawn. Drama yang baru-baru ini dia bintangi adalah Do Do Sol Sol La La Sol, dia memerankan Ra-Ra kecil.

ALUR CERITA

Cerita dimulai dengan adegan Seung-Yi tengah membacakan teks dalam bahasa Mandarin, dia akan menjadi penerjemah menteri. Di sini kita bisa lihat bagaimana cemerlangnya karir yang dimiliki oleh Seung-Yi. Setelahnya ada telfon masuk yang mengatakan pada Seung-Yi jika pria yang menelponnya itu sudah “menemukannya”. Dan cerita tentang pencarian 10 tahun pun dimulai, siapa yang dia cari? Awalnya saya nebak, dia tengah mencari Ibu-nya.

Adegan kembali ke masa lalu, berlatar belakang kota Incheon di tahun 1993. Menampilkan Doo-Seok dan Jong-Bae yang tengah mencari seseorang yang memiliki pinjaman uang, iyes mereka itu bekerja di agen peminjam modal a.k.a rentenir. Kamu bakal ngeliat tampilan botol Coca-Cola dan bungkus Choco Pie di tahun 1993. Detail kecil yang memukau. Jujur saya sangat kagum dengan make up dua tokoh ini, mereka jadi kelihatan segar dan muda, saya bener-bener nunggu perubahan make up mereka ketika mereka sudah menjadi tua.

Dalam perjalanan bertemulah mereka dengan orang yang mereka cari, si peminjam uang yang tengah berjalan dengan anak perempuannya yaitu Myung-Ja dan Seung-Yi kecil. Di sini kita bakal mendengar logat Korea yang terdengar asing dari Ibu Seung-Yi (Myung-Ja) dari sini saya udah menduga-duga kok dialegnya aneh gini, dari daerah mana dia berasal? Myung-Ja ini punya hutang sebesar 750.000, dan belum bisa melunasi, dia beralasan Bapak Seung-Yi baru aja meninggal dunia. Doo-Seok ga peduli dan tetap menagih, sebagai jaminan agar Myung-Ja membayar hutangnya, Doo-Seok membawa Seung-Yi bersamanya. Kemudian Myung-Ja pergi ke bengkel tempat suaminya dulu bekerja, dan meminta upah suaminya untuk dibayarkan, si pemilik bengkel bilang bahwa upahnya sudah dibayarkan tapi Myung-Ja belum menerima uang tersebut. Akhirnya kita tahu bahwa Myung-Ja ini imgran gelap, dan suaminya punya selingkuhan. Kasihan banget ya hidupnya.

Myung-Ja menghubungi seseorang yang akan membantunya agar si Seung-Yi diadopsi, dengan begitu Myung-Ja akan mendapatkan uang. Setelah menghubungi Doo-Seok untuk mengabarkan jika dia akan segera mendapat uang, eehh Myung-Ja malah ditangkap polisi. Sepertinya si bos bengkel melaporkan ke polisi kalau Myung-Ja itu imigran gelap gitu. Seung-Yi pun dirawat sementara sama Doo-Seok dan Joo-Bae di rumah Doo-Seok. Sebenernya perlakuan Doo-Seok tu baik, dia nggak kasar sama sekali sama Seung-Yi. Trus Joo-Bae tu berperan jadi orang yang sering disalah-salahin karena pendapatnya yang kadang kelewat bener. Hahaha. Pokoknya mereka tuh sering berantem kecil dan berdebat gitu.

Seung-Yi sempet kabur dari Doo-Seok dan Joo-Bae, mereka gagal menemukan Seung-Yi. Setelah itu Doo-Seok dipanggil ke kantor polisi, di sana dia akhirnya tahu bahwa Ibu Seung-Yi di tahan dan akan dikembalikan ke Cina. Myung-Ja meminta tolong pada Doo-Seok untuk menghubungi “paman” Seung-Yi, dia menjelaskan bahwa orang itu yang akan membayar hutangnya dan mencarikan orang untuk mengadopsi Seung-Yi. Selama ini tu ternyata Seung-Yi dan Ibunya tinggal di kaya’ sebuah bedeng militer gitu lho, kaya’ cuma kontainer gitu. Seung-Yi melarikan diri ke sana, abis itu dia packing untuk pergi mencari Ibu-nya.

Di tengah perjalanan, dia sempet diganggu sama pria jalanan gitu. Dia udah mau diangkut, tapi untungnya Doo-Seok datang dan menyelamatkan dia. Baru menit ke 28 lho ini, dan saya udah meneteskan air mata, karena akting Park So-Yi yang mengharu biru. Akhirnya si Seung-Yi dibawa Doo-Seok balik ke rumahnya, dia juga bilang bahwa nanti akan ada paman yang akan menjemput dia. Sedih sekali.

Sad Korean Drama GIF by The Swoon

Seung-Yi jadi anak baik gitu, beresin rumahnya Doo-Seok, ngepel, cuci baju. Tapi si Joo-Bae tu ga suka, karena kasihan Seung-Yi yang masih kecil tapi kerja ini dan itu. Nah, si Seung-Yi ini mau dibawa pamannya yang tinggal di Busan, Joo-Bae lalu nunjukin peta negera Korea Selatan. Bahwa Incheon tuh di sini, dan Busan tu di sana. Hehhe. Inget ya, tahun 1993. Mereka aja masih pake Pager buat komunikasi. Orang yang ngaku sebagai Pamannya Seung-Yi pun menghubungi Doo-Seok, mengatakan bahwa dia akan mengirim uang muka 500.000 dulu, nanti semuanya dilunasi pas udah ketemuan buat ngambil Seung-Yi. Dan untuk sementara, supaya Seung-Yi dirawat dulu, diajak jalan-jalan trus diminta buat beliin baju yang bagus-bagus gitu. Dalam perjalanan ke Toserba, si Seung-Yi ini bikin nama panggilan buat Doo-Seok yaitu Seung-Bo. Pas adegan belanja juga lucu, abis itu Seung-Yi minta nonton konser artis favoritnya. Trus di mobil Doo-Seok nasihatin kalau semua pria itu bajingan. Udah seperti nasihat Ayah ke anaknya ya. Setelahnya mereka pulang ke rumah, Joo-Bae nyiapin kue dari Choco Pie yang ditumpuk gitu buat pesta perpisahan, tapi si Seung-Yi malah jadi sedih gitu. Ini nih, Doo-Seok udah mulai kelihatan agak berat gitu melepas kepergian Seung-Yi.

Pendek cerita akhirnya Seung-Yi diserahkan ke pria yang mengaku Pamannya, tapi dari situ Doo-Seok curiga kok orang yang katanya Paman ga tahu nama Ponakannya. Ternyata Seung-Yi tu diadopsi sama Tante-Tante yang mengelola Bar malam gitu. Seung-Yi jadi pesuruh di sana, suruh ngerjain dan bersihin ini dan itu. Pokoknya sedih banget deh. Untungnya dia berupaya buat menghubungi Doo-Seok, dan Doo-Seok yang udah bermodal curiga sama si Paman itu juga mulai mencari Seung-Yi. Puncaknya mereka terhubung gitu dan Doo-Seok berhasil menyelamatkan Seung-Yi, yang pas diselamatkan posisinya ada luka di pipi kirinya. Doo-Seok makin khawatir dan emosi banget sama si Tante pemilik bar.

Adegan kembali ke masa sekarang, dimana Seung-Yi dewasa dan Joo-Bae tengah mencari Park Doo-Seok, ternyata di rumah sakit yang mereka datangi itu bukan si Park Doo-Seok yang mereka cari. Mereka ke Kantor Polisi menanyakan tentang informasi apakah ada orang hilang bernama Park Doo-Seok yang berusia 70 tahunan, ternyata ga ada di daftar orang hilang. Jadi, di adegan awal kan Seung-Yi nerima telefon, yang telfon itu Joo-Bae. Sedangkan orang yang mereka cari itu si Doo-Seok. Udah nyari lebih dari 10 tahun, aahh sedih.

Tired Oh No GIF by The Swoon

Adegan kembali mengenang masa kecil Seung-Yi, saat Doo-Seok memilih untuk melakukan operasi kecil di luka pipi kiri Seung-Yi. Dari sini kita jadi tahu, bahwa dalam budaya Korea khususnya wanita jangan sampai ada bekas luka. Tahu nggak kenapa? Dari drama yang pernah saya tonton, ada informasi yang saya dapat, jadi Raja itu tidak akan menyukai wanita yang memiliki luka di tubuhnya. Itulah kenapa wanita Korea tuh sangat menjaga kulitnya ya.

Doo-Seok akhirnya membawa Seung-Yi untuk konsultasi apakah dia bisa masuk ke sekolah, nah si Seung-Yi ini ternyata ga diakui oleh negera Korea, karena kewarganegaraan dia kan ga jelas. Ibu-nya juga imigran gelap, pokoknya dia ga bisa sekolah. Salah satu cara agar dia bisa sekolah tu kalau Seung-Yi jadi anak angkatnya Doo-Seok, karena hal inilah Seung-Yi jadi sebel gitu. Untung ada Paman Joo-Bae yang memberi pengertian ke Seung-Yi tentang hal itu, akhirnya Seung-Yi mau jadi anak angkatnya Doo-Seok. Paman Joo-Bae emang sangat menolong disituasi-situasi menegangkan. Hahaha. Seung-Yi pun bisa sekolah dan memiliki teman, trus dia juga murid yang pintar, sampai dia akhirnya lolos masuk Universitas gitu. Nah, Ibu Seung-Yi ini pernah datang ke Korea cuma ngeliat Seung-Yi dan Doo-Seok dari jauh gitu enggak mendekat atau menyapa.

Konflik pun dimulai di sini, ketika Doo-Seok dihubungi sama Ibu-nya Myung-Ja (nenek Seung-Yi), jadi si Myung-Ja lagi sakit dan minta supaya Doo-Seok membawa Seung-Yi ke Cina untuk bertemu sama Ibu-nya. Mereka pun berangkat ke sana, Seung-Yi juga seneng gitu akhirnya ketemu sama Ibu-nya, Doo-Seok minta supaya Myung-Ja ntar datang pas upacara wisudanya Seung-Yi tapi dia ga bisa. Myung-Ja minta tolong agar Doo-Seok nyari Ayahnya Seung-Yi yang ternyata masih hidup. Pas pamit balik ke Korea, Seung-Yi ngasih semacam kotak kenangan gitu ke Ibu-nya. Isinya kumpulan nilai ujiannya, foto, macem-macem. Jujur, saya ngikut nangis di sini.

Pencarian pun dimulai, sampai akhirnya Doo-Seok menemukan Ayah Seung-Yi, mereka dipertemukan. Joo-Bae yang mabuk pun bilang ke Doo-Seok bahwa apa yang dia lakukan itu salah, ntar pas Seung-Yi nikah pasti yang gandeng Seung-Yi di altar Ayah kandungnya bukan Doo-Seok yang udah membesarkan dia selama ini. Merasa bahwa apa yg diomongin Joo-Bae ada benernya, Doo-Seok milih pulang ke rumah. Kita bakal disajikan adegan Doo-Seok jalan pulang dengan gontai, dan kita cuma bisa lihat punggungnya. Bahkan dari punggungnya pun udah kelihatan sedihnya gitu.

Tinggal 17 menit tersisa setelah ini, pokoknya siapin tisu. Itu aja pesan saya. Oke!!

Korean Drama Ok GIF by The Swoon

Penilaian

Menyenangkan nontonnya, ga kerasa 113 menit lewat begitu saja. Alurnya padat, ga banyak adegan yang sia-sia, bener-bener disetiap adegannya mengandung cerita, mengandung pesan gitu. Banyak part yang heartwarming banget. Sayangnya Doo-Seok yang ga diucapin sama kata tuh bisa banget saya rasain lewat mimik wajah dan gestur badan. Bener-bener keren. Kalo sinematografinya sih biasa aja, ga banyak scene-scene indah. Standar bangetlah pokoknya, tapi film ini memikirkan detail-detail pendukung yang keren sih.

Buat saya pribadi, terkadang menonton film sedih yang bikin nangis itu semacam terapi. Walaupun kondisi kita baik-baik saja, terkadang airmata itu perlu juga untuk dikeluarkan. Dan menonton film yang sampai bikin kita nangis adalah salah satu caranya. Aneh sih memang, tapi ada efek kelegaan gitu. Buat saya Pawn memiliki alur cerita yang rapi, komedi yang disajikan juga enggak maksa untuk jadi lucu, natural banget. Akting para tokohnya udah ga usah diragukan lagi, bahkan untuk Park So-Yi yang masih kecil pun, aktingnya juara. Film ini juga ga banyak tokohnya, jadi gampang ngehafalinnya. Haha. Happy ending.

Nilai :

Peringkat: 3.5 dari 5.
Korean Drama Smile GIF by The Swoon
Thank You and See You

Bonus

Oh iya, barangkali kamu ingin mendownload film Pawn (2020) kamu bisa langsung menuju ke channel telegram saya : moviedrama25. Untuk yang belum paham bagaimana cara mendownload film melalui telegram, ikuti link ini.

Tinggalkan komentar