[Pengalamanku] FIK UNY Physical Therapy Clinic

Jam Layanan = Senin-Jum’at Jam 09.00 – 16.00 WIB (Istirahat 12.00-13.00 WIB)

Pendaftaran melalui telefon =

Catatan : Jadwal, No.Handphone dan Harga yang tercantum di artikel ini per tanggal 14 Juni 2017, jadi bisa berubah sewaktu-waktu.

Tanggal 14 Juni 2017 lalu aku mendatangi Klinik Terapi Fisik UNY. Awalnya karena malam sebelumnya aku menemukan benjolan di pergelangan tangan atas, aku pikir tulangku yang meleset, panik abis.

Jam 07.30 WIB usai presensi kehadiran kerja, aku langsung menuju ke kompleks FIK lewatnya dari dalam UNY, kemudian masuk ke parkiran GOR UNY, jadi ga’ lewat jalan raya karena di area situ pusat kepadatan pengguna jalan. Tapi kalau ga’ tahu bisa lewat jalan raya aja sih. Ini lokasinya ya :

Klinik buka jam 09.00 WIB, tapi memang harus datang pagi untuk melakukan pendaftaran, jadi di beranda klinik nanti akan ada meja kecil dan buku pendaftaran. Waktu itu aku beruntung sekali karena di baris untuk terapi jam 09.00 WIB masih kosong satu. Kalau ga’ salah setiap pilihan jamnya terdapat 4 baris untuk diisi nama pasien. Bisa pilih jam lain juga karena terapi dilayani sampai jam 16.00 WIB, pendaftaran ditutup pukul 15.00 WIB, daftar juga bisa melalui handphone, harus telfon ya ga’ menerima SMS. Ini nomornya .

Jam 09.00 WIB, pintu klinik dibuka, barisan pemuda pemudi mulai nongol dari dalam, dan antri pasien sudah cukup banyak, bahkan aku sempat ngobrol sama Bapak yang dari Kebumen, wow. Lanjut registrasi ulang di meja resepsionis, akan ditanya bagian mana saja yang mau diterapi, rata-rata setiap item harganya 70.000 (14/06/17), mungkin beda harga untuk beberapa item seperti full body. Jadi kalo jarimu satu meleset yaudah bayar 70.000.haha. Nunggu 5 menit namaku langsung dipanggil dan disambut sama seorang wanita, masih muda dan ramah sekali. Aku diminta masuk ke dalam bilik nomor 2. Biliknya nyaman, ada kasur single yang biasa dipake buat periksa dokter (entah istilahnya apa), ada kursi rotan, kaca, gantungan baju, minusnya slot kunci untuk bilikku ga’ ada, jadi rada was-was pas harus ganti baju. Sebelum masuk Mbak tadi bilang supaya aku ganti baju dengan baju yang telah disediakan (lagi-lagi ga’ tau istilah bajunya). Bajunya seperti baju operasi di drama korea, yang kancingnya cuma satu dibelakang atas. Trus untuk wanita, tanktop juga harus dilepas ya, jadi ntar cuma pake bra aja.

Oke selanjutnya nunggu Mbaknya masuk, setelah dia masuk aku diminta duduk di kasur, dari belakang Mbaknya mulai memijat punggungku menggunakan lotion sambil ditanya keluhannya, lalu ngobrol ngalor ngidul.haha. Pemijatan awal (kalau aku bilang pemanasan) dilakukan kurang lebih 10-15 menit. Setelahnya si Mbak keluar dan kembali membawa seorang lelaki, dia yang jadi masseur atau terapis atau ahli fisioterapi (koreksi aku jika salah). Oh ya, ada masseur Senior a.k.a Dosen FIK, sepertinya by request atau by your lucky. haha. Kalau Mas-nya ini asisten, tapi udah tenaga profesional. Mas-nya nanya keluhanku, aku bilang dipergelangan tanganku ada benjolan, dijawablah sama dia bahwa itu Ganglion, semacam benjolan yang tidak diketahui penyebab terjadinya dan bisa hilang sendiri, dan tidak berbahaya (sampai aku nulis ini, masih ada benjolnya). Aku cerita kalo itu sakit, sama Mas-nya dibilang kalau bukan Ganglionnya yang bikin sakit tapi sendi dipergelangan tanganku geser, owh ternyata.

Next, terapi punggung. Jadi udah dari tahun 2013 mungkin ya, aku sering backpain. Nyeri banget gitu di punggung atas sebelah kanan, paling parah kalau pas bangun tidur. Udah setahun kemarin backpain-nya makin parah, aku mengabaikannya karena ku pikir efek kecapekan aja, dan berharap akan hilang dengan sendirinya jika kondisi fisikku fit. Karena sudah terlanjur datang kesini (pikirku) kenapa ga sekalian diterapi. Lalu sama Mas-nya dipijat di bahu, istilah dia bahu bukan punggung atas, sepertinya memang benar bahu, akunya yang salah.haha. Dia langsung bilang “Sendinya geser”. Mas-nya lalu pegang tanganku dan diputar sedemikian rupa dengan teknik yang benar dan hanya dikerjakan oleh orang profesional. Ingat ya, profesional, jadi jangan asal praktek dirumah. Kemudian dia bilang “Wah gesernya banyak”, yang aku rasain biasa aja, nggak sakit sama sekali. Trus aku tanya “Kalau sama yang kiri?”, terus Mas-nya nyobain memutar tangan kiri dan kemudian bilang “Ga’ sebanyak yang kanan”. Oke fix, jadi itu masalahnya selama ini.

Bahu kananku kemudian diplester, trus disarankan untuk ga melakukan angkat beban (haha), mengangkat tangan lurus ke atas, melakukan pergerakan tangan ke belakang (seperti : garuk punggung atau mengancingkan bra), ga boleh menindih tangan kanan (seperti : tidur miring), larangan ini berlaku selama tiga hari, jika tidak berkurang silakan terapi kembali.

Untukku sebagai seorang pustakawan, larangan itu cukup berat, dimana aktifitasku mayoritas menggunakan pergerakan tangan, angkat-angkat buku, nata buku di rak yang harus menggerakkan tangan ke atas sesuai tinggi rak, berat banget kan larangannya, makanya ga sembuh total, ini masih sering kambuh.

Apa yang ku rasakan setelah terapi?

Terapi selesai pukul 09.45 WIB, dan setelahnya aku langsung bekerja di bagian sirkulasi (peminjaman dan pengembalian buku), pergerakan tangan kanan cukup tinggi untuk scan buku dan pindah sana sini. Pukul 13.00 WIB mulai terasa panas, nyeri dan perih. Memang sebaiknya setelah terapi tidak usah melakukan pergerakan dan benar-benar mengistirahatkan tangan selama 3 hari, itu saranku. Sekarang kalau bangun tidur udah ga ngerasain backpain lagi, tapi kalau aktifitas tangan kananku tinggi seperti angkat berat, terlalu sering menggunakan tangan ke belakang, ngetik (komputer atau HP) akan terasa nyeri, perih dan panas di area pundak kanan. Trus saran dari Mbak-nya ga boleh dikasih koyo atau yang panas-panas gitu, baiknya dikompres dengan yang dingin, karena didalam terjadi peradangan, untuk meredakannya harus dikompres dingin.

Gitu aja sih, semoga membantu ya untuk kalian yang merasa fisiknya perlu diterapi, entah cidera karena jatuh, salah gerak, postur tubuh yang ga bener, bisa datang ke Klinik FIK UNY.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s