Resep : BDAY Pudding

IMG_20170423_175841_814

It’s pudding, not cake.

Beberapa teman tertipu bahwa ini kue. Bukan kok, ini agar-agar.haha.

Saya mengklaim semua bahan bisa ditemukan di Indomaret atau Alfamart.hehhe.

 

 

 

 
Bahan :

  1. Roma Marie Susu (2 bungkus). Catatan : dengan menggunakan dua bungkus hasilnya sangat padat, bisa dikurangi menjadi satu bungkus agar teksturnya tidak terlalu padat).
  2. Susu Full Cream 900ml (1)
  3. Agar-Agar tanpa warna (1 bungkus). Catatan : saya hanya menggunakan satu bungkus, jika tidak yakin dengan satu bungkus, bisa menggunakan dua bungkus).
  4. Bubuk Vanili
  5. Kayu Manis Bubuk
  6. Santan bubuk merk Sasa (1 bungkus). Catatan : sesungguhnya saya juga cukup terkejut menemukan ada santan berbentuk bubuk.haha
  7. Keju Chedar 75gr
  8. Gula pasir
  9. Tepung Maizena
  10. Pokcy coklat (3 bungkus)
  11. Milo
  12. Oreo
  13. Coklat pasta (choky2)
  14. Buah : belimbing dan strawberry (tolong beli di pasar atau toko buah)haha.


Cara Membuat :
1. LAPISAN PERTAMA

  • Haluskan dua bungkus roma marie susu, bisa dengan blender atau dengan menumbuknya. Saya memasukkan kepingan roti ke dalam plastik, membalutnya dengan kain kemudian menumbuknya. Peluapan emosi yang baik bukan?
  • Campur setengah bungkus agar-agar dengan susu full cream, sejujurnya saya menggunakan takaran “kira-kira”. Kira-kira susu segini udah pas belum ya buat dicampurkan ke dalam roti roma halus? Begitu. Jikapun ragu, tidak usah khawatir, saya punya cara lain. Oke, jangan lupa tambahkan bubuk vanili setengah sendok teh. Panaskan sampai mendidih dengan api kecil, jangan lupa sambil terus diaduk-aduk.
  • Siapkan roti roma halus ke dalam sebuah wadah tahan panas
  • Tuang agar-agar di atas roti roma halus, aduk sampai merata. Jika kurang menyatu, tambahkan susu full cream, aduk sampai roti roma halus bercampur dengan agar-agar dan susu hingga membentuk pasta padat. Ingat ya! Padat.
  • Pindahkan adonan lapisan pertama ke cetakan, saya menggunakan bentuk bulat, tidak harus bulat sih, bisa kotak dan bentuk yang lain. Selanjutnya, ratakan adonan hingga padat. Kuncinya harus rapiihh. Karena rapi itu indah, karena rapi kunci kecantikan.haha.
  • Selanjutnya masukkan cetakan berisi lapisan pertama ke dalam lemari pendingin, tunggu sampai benar-benar dingin dan padat. Akan memakan waktu 10-15 menit, kamu bisa menunggu sambil melihat drama Korea atau seri India, atau mungkin sinetron Indonesia yang keIndia-Indiaan. Apapun itu.

2. LAPISAN KEDUA

  • Sekali lagi pastikan jika lapisan pertama sudah siap untuk ditimpa dengan lapisan kedua. Siap yang saya maksud adalah lapisan pertama sudah dingin dan padat sempurna.
  • Sambil menunggu dingin (mungkin masih terbakar api asmara), parut setengah keju chedar.
  • Masukkan susu full cream ke dalam panci dengan takaran kira-kira (mungkin 200-300ml), tambahkan agar-agar (noted : yang separuh bungkus tadi bagi lagi menjadi separuh), lalu gula pasir 4 sendok makan (atau sesuai selera), parutan keju, satu setengah sendok makan santan bubuk (atau sesuai selera), vanili satu sendok makan, kayu manis setengah sendok makan. Atau pokoknya sesuai selera kamu deh, saya bikinnya juga suka-suka kok.haha.
  • Sebelum mendidihkan yang di atas itu (nunjuk), siapkan larutan maizena. Ambil empat sendok makan tepung maizena, kemudian tambahkan susu full cream, aduk sampai cukup encer.
  • Selanjutnya panaskan campuran susu full cream keju dkk tadi sampai mendidih diatas api kecil, jangan lupa untuk mengaduk-aduknya.
  • Setelah mendidih, angkat panci dari kompor, angin-anginkan adonan sebentar. Kemudian campurkan larutan tepung maizena, ingat untuk terus mengaduknya. Pengalaman saya ketika lalai mengaduknya, tepung maizena akan menggumpal di bawah. Pokoknya jangan sampai menggumpal, karena jika itu terjadi kamu akan menghancurkan persaudaraan mereka.
  • Setelah tercampur rata, tuang adonan lapisan kedua diatas lapisan pertama, ratakan. Masukkan kembali ke dalam lemari pendingin. Kalau yang ini agak lama waktu pendinginan dan pemadatannya, karena murni cairan panas. So siapkan film komedi romantis.

3. PENGELUARAN PUDDING DARI CETAKAN

  • Satu hal yang perlu diperhatikan : kesuksesan puding lapis ini ditentukan dengan merekatnya lapisan pertama dan kedua setelah adonan dingin.
  • Sebelum mengeluarkan dari cetakan, pastikan bahwa kedua lapisan sudah dingin sempurna dan padat.
  • Siapkan plastik lebar atau nampan datar
  • Penting ya, lapisan kedua sangat lembut dan rentan banget sama goresan. Jadi berhati-hatilah!
  • Keluarkan pudding, letakkan di atas nampan. Pasti yang putih ada dibawah kan? Tenang!
  • Letakkan nampan lain di atas lapisan pertama (roti marie), kemudan balikkan nampan.
  • Tadaaa, lapisan kedua (putih) berada di atas.
  • Oke, gunakan cara senyaman kamu, tapi pastikan lapisan kedua (putih) berada diatas.

4. GARNISH

  • Waktunya menghias, bagian paling menyenangkan!!
  • Keluarkan jiwa seni dan kreasimu, bayangkan seolah-olah kamu adalah chef profesional.
  • Untuk menempel pocky menjadi pagar-pagar coklat saya membuat lapisan kedua lagi. Kenapa? Karena kandungan agar-agarnya mampu merekatkan potongan-potongan kenangan, maksud saya pocky. Tapi, jika kamu nggak mau repot sama sekali, belilah whipped cream. Karena di atas saya mengklaim semua bahan dapat ditemukan di Indomaret atau Alfamart, jadi saya tidak menggunakan whipped cream (mereka tidak menjualnya).
  • Saya sempat terpikir untuk menggunakan lelehan coklat sebagai lem menempel pocky, tapi kemudian saya mengurungkannya. But, kamu bisa mencobanya. Atau mungkin kamu punya ide lain untuk merekatkan pocky? Gunakanlah yang penting pocky menempel.
  • So, yang pertama saya lakukan adalah memotong-motong pocky. Satu stik itu saya bagi menjadi 3 bagian (atau sesuaikan dengan tinggi puddingmu, ukur dulu yaahh). Gunakan stik yang semuanya terbalut coklat, yang gak terbalut coklat bisa kamu kunyah, sambil mengisi waktu gitu maksudnya.
  • Saya menggunakan dua setengah box pocky
  • Awalnya saya menginginkan pagar yang tingginya sama, tapi kemampuan memotong saya kurang telaten. Akhirnya setelah memandangi hasilnya pagar yang tidak rata itu jadi cukup artistik. Kyyaaa
  • Lalu saya membuat lagi lapisan kedua dengan sisa-sisa bahan yang ada.
  • Diamkan lapisan kedua sampai cukup mengental, biarkan keajaiban aga-agarr bekerja.
  • Selanjutnya siapkan kecekatan dan kecepatan tanganmu, karena kamu harus berbalapan dengan agar-agar yang mengental ketika menempel pocky.
  • Ambil satu sendok makan lapisan kedua, siram dipinggiran pudding, hanya di lokasi dimana kamu ingin menempel pocky. Biarkan dia meleleh membasahi sisi pudding, lalu tempel pocky.
  • Lakukan seperti itu sampai seluruh sisi pudding terpagar pocky.
  • Diamkan
  • Pocky-mu mungkin tidak akan menempel sempurna, jadi gunakanlah pita untuk membalut sisi pudding, selain sebagai garnish, pita juga berfungsi untuk menahan pocky. Cerdas!
  • Lanjut!! Setelah dingin ada sisa-sisa lapisan kedua yang berantakan di bdaysepanjang pinggiran pudding kan? Hoho. Tenang! Tutup dengan milo. Taburkan bubuk milo disekeliling pinggiran puddingmu.
  • Masih kurang cantik? Ambil kepingan orea kemudian haluskan, ingat pisahkan creamnya terlebih dahulu. Lalu taburkan bubuk orea di atas bubuk milo.
  • Selanjutnya hias dengan buah-buahan, gunakan kreasimu. Kamu boleh menggunakan buah-buah yang lain, lihat di google image dekorasi cake dengan buah. Cantik-cantik lhoo.
  • Terakhir, gunakan coklat pastamu untuk membuat tulisan.
  • Selesai.

Catatan dari saya :

  1. Saat membuat pudding ini, jujur saya tidak menggunakan takaran yang pasti, saya hanya mengira-ira.
  2. Tema yang saya terapkan dalam pudding ini black brown, karena dibuat untuk laki-laki. Kamu bisa mengganti warnanya lhoo, pocky sendiri warnanya macem-macem.
  3. Untuk tingkat manisnya, pudding ini tidak terlalu manis. Susu full cream beda dengan SKM (susu kental manis). Kalau ingin yang manis, gunakan SKM atau tambahkan gula.
  4. Untuk perekat pocky, seperti yang saya katakan diatas, kamu tidak harus meniru cara saya jika kerepotan. Kalau saya sih emang suka repot dan ribet sendiri.hahaa.
  5. Untuk hiasan milo dan oreo juga tidak wajib kok, balik lagi karena tema saya black brown.
  6. Kalau merasa gak PD dengan tulisan (lihatlah foto hasil saya, betapa belepotan tulisannya), kamu bisa memenuhi atas pudding dengan buah-buahan.
  7. Selamat mencoba 🙂
2 thoughts on “Resep : BDAY Pudding

  1. Silvie Amelia 29/04/2017 / 12:55 am

    Wahh…Akhirnya yang dicari ketemu juga..Lengkap lagi..Siap” sebok langsung bisa dipraktekan tuk aneka olahan keluarga..Makasih kak info dan sharingnya..Bermanfaat sekali..

    • sepfriendkelana 29/04/2017 / 8:53 am

      Yeeaayy,terima kasih kak sudah berkunjung. Maafkan saya yang amatir dalam masak memasak,sesungguhnya malu mau posting.hehe. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

